csr-environtment-development-program

Pemanfaatan Trichoderma Sebagai Agen Pengendali Hayati Pada Tanaman Cengkeh dan Vanili.

Trichoderma adalah jenis jamur yang diketahui dapat membunuh jamur lain dengan cara menempel pada badan jamur lain. Dengan memanfaatkan spore Trichoderma, petani tidak perlu menggunakan fungisida kimia, yang dapat meninggalkan residu bahan kimia, dalam mengendalikan penyakit tana-man, sehingga hasil pertanian yang didapatkan jauh lebih sehat.ITDC melalui progam peningkatan kapastias usaha (capacity building) menggelar pelatihan bagi mitra binaan ITDC klaster pertanian di Bali, ber-tempat di Aula Kantor Koperasi Surya Dana, Kabupaten Tabanan pada Jumat, 24 Juni 2022Kegiatan pelatihan diikuti oleh 20 peserta dari Kelompok Petani Cengkeh “Surya Dana” dan Kelompok Petani Vanili “Nusantara” yang merupakan mitra binaan ITDC sejak tahun 2020, menghadirkan nara-sumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Bali. Mengusung topik “Pemanfaatan Trichoderma Sebagai Agen Pengendali Hayati Pada Tanaman Cengkeh dan Vanili”, pelatihan bertujuan untuk menambah pengetahuan petani dalam pengembangan budidaya cengkeh dan vanili dengan memanfaatkan Tricodherma sebagai cara alami untuk mengatasi penyakit tanaman.Dalam pelatihan ini, peserta diperkenalkan dengan peralatan dan bahan pembuatan aktivasi Tricho-derma, praktek aplikasi Trichoderma sebagai pengendali hayati dan organisme pengurai, serta aplikasi Trichoderma sebagai biofertilizer pada media tanam bibit vanili serta cengkeh.

24-06-2022 Read More

Mengenalan Teknik dan Proses Sangrai Kopi Untuk Klaster Petani Kopi Partha Manuggal di Desa Belatungan Kabupaten Tabanan

Bagi pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang memiliki aroma dan rasa yang khas ini, terdapat dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Minuman yang berasal dari seduhan biji dengan proses yang sangat panjang hingga dapat menghasilkan rasa minuman yang nikmat merupakan kerja keras serta usaha dari petani kita, dimana terdapat berbagai proses penting dalam produksi biji kopi hingga menjadi minuman yang enak dan dapat dinikmati setiap orang.ITDC melalui progam peningkatan kapastias usaha (capacity building)  mengadakan pelatihan Pengenalan Teknik & Proses Sangrai Kopi untuk Klaster Petani Kopi Partha Manuggal. Kelompok petani kopi yang berasal dari Desa Belatungan, Tabanan – Bali ini merupakan mitra binaan ITDC sejak tahun 2020. Sepuluh orang anggota kelompok mendapatkan materi dan bimbingan terkait pentingnya teknik dan proses sangrai untuk menghasilkan kopi yang berkualitas. Roasting Kopi merupakan proses sangrai atau pemanggangan green coffee beans bіjі kopi mеntаh yang bertujuan untuk meningkatkan serta mengeluarkan aroma dan juga citarasa dari kopi. Dengan  dilaksanakan program capacity bulding kepada mitra binaan ITDC ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan baru dalam proses produksi untuk menghasilkan cita rasa kopi yang baik sehingga menjadi nilai tambah terhadap produk yang dihasilkan dan memberikan dampak positif berupa peningkatan pendapatan pada usaha kelompok tani kedepannya. 

21-01-2022 Read More

PELATIHAN MEMBUAT KUE DARI BUAH JERUK UNTUK PETANI DESA KATUNG

Jeruk sebagai buah yang paling mudah ditemukan dan tidak bergantung pada musim, selain dapat dikonsumsi secara langsung,juga dapat diolah menjadi aneka jenis minuman dan makanan, Sebagian masyarakat yang biasanya memanfaatkan buah jeruk untuk dijadikan minuman, buah jeruk juga dapat dimanfaatkantermasuk menjadi bahan dasar pembuatan aneka olahan kue. Guna meningkatkan nilai tambah produk pertanian lokal khususnya buah jeruk, ITDC menyelenggarakan pelatihan capacity building untuk mitra binaan Petani Jeruk Desa Katung. Petani jeruk dari Desa Katung, Kintamani, Bangli – Bali dilatih secara langsung oleh Chef Apri Irawan dari Bali Pastry College (BPC) untuk membuat aneka olahan kue yang berbahan dasar buah jeruk. Selain untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas para petani, pelatihan ini juga bertujuan untuk mengantisipasi anjloknya harga jeruk pada saat panen raya, sehingga para petani dapat menciptakan produk turunan buah jeruk yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Diharapkan dariMelalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mempratekkan secara langsung ilmu yang didapat sehingga dapat mendorong keberlangsungan dan kesejahteraan para petani semakin baik kedepannya. (pkbl/ms)

27-11-2020 Read More

ITDC LATIH PETANI KOPI TUGU SARI TENTANG BASIC ROASTING DAN COFFEE BLEND

Budidaya kopi saat ini menjadi bisnis yang menjanjikan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan kedai kopi di Bali. Hampir diseluruh mal, tempat wisata bahkan hingga ke gang-gang sempit dapat dijumpai kedai yang menawarkan beragam jenis olahan kopi. Tak hanya sebagai penghilang rasa kantuk, kopi juga menjadi lifestyle kaum milenial saat ini. Guna mendukung kebutuhan akan kopi berkualitas, ITDC melalui progam peningkatan kapastias usaha (capacity building) mengadakan pelatihan Basic Roasting dan Coffee Blend bagi kelompok petani kopi Tugu Sari Desa Pajahan. Kelompok petani kopi yang berasal dari Desa Pajahan, Pupuan, Tabanan – Bali ini merupakan mitra binaan ITDC yang baru memulai pengembangan budidaya kopi. Sebanyak tujuh peserta diberikan ilmu dan bimbingan terkait proses penting dalam membuat produk kopi unggulan yaitu proses basic roasting dan coffee blend. Basic Roasting adalah proses mengeluarkan air dalam kopi, mengeringkan dan mengembangkan bijinya, mengurangi beratnya sehingga memberikan aroma pada kopi. Sedangkan Coffee Blend merupakan proses mengkombinasikan antara beberapa tipe biji kopi untuk menambah cita rasa. Coffee blend bertujuan untuk menghasilkan rasa yang seimbang dan disukai oleh konsumen. Melalui pelatihan mengenai proses basic roasting dan coffee blend ini, diharapkan produk kopi yang dihasilkan kelompok Petani Tugu Sari dapat ditingkatkan kualitaskan sehingga dapat dipasarkan di kedai kopi, hotel maupun restoran yang ada di Bali.  (PKBL/MWK/MS)

20-11-2020 Read More

TINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI MELALUI PEMASARAN DIGITAL

Sejak pandemi COVID-19 melanda, sektor pariwisata mengalami dampak serius akibat pembatasan aktivitas wisatawan yang mempengaruhi seluruh aktivitas perekonomian. Penerapan peraturan protokol kesehatan yang ketat, seperti larangan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia berimbas pada penurunan penjualan produk kerajinan para pelaku usaha kecil termasuk di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Oleh karenanya untuk meningkatkan penjualan serta pemasaran produk kerajinan kelompok usaha kecil di NTB, ITDC bersinergi dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero)/PNM menyelenggarakan pelatihan “Memaksimalkan Pemasaran Produk Melalui Website dan Google Bisnisku”. Adapun peserta pelatihan tersebut adalah mitra binaan ITDC yang terdiri dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Kaki Rinjani Sejahtera Kopi Telapen, Kelompok Kerajinan Bambu Purnama dan Kelompok Tenun Dharma Setya Artshop. Bertempat di Dharma Setya Art & Gallery, Desa Sukarara, Puyung, Lombok Tengah, Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu untuk Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUKM) Provinsi NTB Mashur, S. Kom., sebagai narasumber memberikan pengetahuan tentang cara memasarkan produk melalui website atau social media serta cara melakukan penjualan secara online kepada konsumen yang ada di luar kota bahkan di luar Indonesia.Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta tersebut dapat memanfaatkan media digital seperti website atau social media untuk memasarkan dan menjual produk sehingga dapat meningkatkan omset pendapatan di tengah pandemi COVID-19. (pkbl/sm/ms)

18-11-2020 Read More

ITDC AJAK MASYARAKAT SEKITAR TANJUNG AAN IKUT GERAKAN BANK SAMPAH

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola KEK Pariwisata Mandalika atau The Mandalika, mengajak masyarakat untuk mengelola sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat dalam kehidupan serhari-hari. Melalui Program Bina Lingkungan, ITDC mengadakan Program Pelatihan, Pembinaan, dan Pendampingan mengenai Bank Sampah serta cara pengelolaan sampah di kawasan pariwisata the Mandalika, bagi pedagang dan warga yang berada di Pantai Tanjung Aan - the Mandalika, Lombok NTB. Program ini diselenggarakan bekerja sama dengan Bank Sampah NTB Mandiri berlangsung selama tiga hari, yaitu pada 27 Februari – 1 Maret 2019, bertempat di kantor ITDC Mandalika.Dalam pelatihan ini peserta diajarkan mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik, pemanfaatan sampah organik menjadi kompos, pemanfaatan sampah anorganik menjadi barang kerajinan,praktik pembuatan kompos dengan metode Takakura dan penggunaan tabung komposter, serta manfaat pembentukan Bank Sampah. Pelatihan diikuti oleh 25 orang yang merupakan warga Tanjung Aan dan sekitarnya hingga Dusun Gerupuk, terdiri dari berbagai unsur seperti Kepala Dusun, Pedagang, Pemuda, dan Ibu Rumah Tangga. Disamping mengikuti pelatihan, masyarakat akan didampingi selama 14 hari oleh tim Bank Sampah NTB dan ITDC untuk mencapai tujuan akhir yakni terbentuknya Bank Sampah untuk warga di Tanjung Aan hingga Dusun Gerupuk yang nantinya akan dikelola oleh masyarakat itu sendiri.Program pelatihan dan pembentukan Bank Sampah berbasis masyarakat ini merupakan salah satu upaya dalam mengubah paradigma masyarakat di sekitar kawasan the Mandalika, khususnya di kawasan Tanjung Aan, mengenai sampah. ITDC berharap masyarakat dapat melihat sampah sebagai barang yang memiliki nilai untuk bisa dimanfaatkan kembali, sehingga terdorong untuk mengolahnya menjadi barang bernilai ekonomis yang memiliki potensi untuk memberikan penghasilan tambahan. Disamping itu, dengan mengikuti kegiatan ini, masyarakat dapat memberikan kontribusinya dalam mengurangi jumlah sampah yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). (pkbl/sagung)

27-02-2020 Read More

PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM DAN OLAHAN BAGI MASYARAKAT DESA PENYANGGA KEK MANDALIKA

Pelatihan budidaya jamur tiram dan olahan untuk masyarakat desa penyangga KEK Mandalika dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat tanggal 11 -13 Januari 2020 di Kantor ITDC Mandalika. Total peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah sekitar 48 orang pria dan wanita baik kalangan pemuda maupun orang tua dari 6 desa penyangga KEK Mandalika. Tutor untuk pelatihan tata rias ini adalah pengusaha UKM yang ada di Batu Layar, Lombok Barat yaitu Bapak Adi dan Ibu Ana pemilik UKM Difiya Jamur.Rangkaian pelatihan budidaya jamur tiram dan olahan ini dimulai dengan materi teori pengenalan jamur dan jenisnya serta cara budidaya yang baik dan benar, pemeliharaan dan cara panen jamur, serta materi mengenai cara pengolahan dan pemasaran hasil olahan jamur. Setelah seluruh teori mengenai budidaya jamur diberikan, barulah para peserta dibagi kelompok per desa dan diminta untuk memulai praktek untuk pembuatan baglog bibit jamur yang akan digunakan untuk budidaya jamur tiram. Setiap desa membuat sekitar 100 baglog bibit jamur untuk dirawat dan harapannya hasil panen dari jamur tiram tersebut dapat menjadi tambahan sumber penghasilan masyarakat di masing-masing-masing desa penyangga.Para peserta pelatihan juga diajarkan mengenai cara mengolah jamur tiram menjadi beberapa masakan olahan jamur seperti sate jamur, sambal jamur dan jamur tiram krispi. Hal ini nantinya diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi usaha budidaya jamur yang dijalankan oleh masing-masing desa nantinya. Para peserta juga diajarkan simulasi pasar dalam memasarkan produk jamur tiram olahannya dengan berjualan di sekitar wilayah KEK Mandalika.Pasca pelatihan para peserta juga mendapatkan pendampingan hingga lebih dari 1 bulan dari para tutor untuk mengetahui perkembangan bibit-bibit jamur yang sudah dibuat dan disusun di masing-masing desa. Usai pendampingan paling tidak masing-masing desa sudah bisa panen hasil jamur tiram. Setelah rangkaian kegiatan selesai, saat ini para peserta pelatihan budidaya jamur tiram dari beberapa desa sudah sering menerima permintaan untuk suplai jamur tiram dari restoran-restoran maupun hotel yang ada di desa penyangga KEK Mandalika. Para peserta bahkan sempat mengajarkan warga lain yang tidak mengikuti pelatihan di masing-masing desa peserta. Hal inilah yang menjadi harapan ITDC kepada para peserta yaitu agar dapat meningkatkan pendapatan pasca pelatihan dilaksanakan dan dapat menyebarkan ilmu yang didapat kepada warga sekitar. Inilah yang bisa menjadi pemicu peningkatan taraf kehidupan masyarakat di desa penyangga KEK Mandalika. (pkbl/ sagung)

11-01-2020 Read More

ITDC BERIKAN PELATIHAN TATA RIAS WAJAH DAN RAMBUT UNTUK MASYARAKAT SEKITAR KEK MANDALIKA

Kegiatan pelatihan tata rias wajah dan rambut yang diselenggarakan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) ini dilaksanakan pada hari Rabu-Jumat tanggal 8-10 Januari 2020 di Kantor ITDC Mandalika. Total peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah 27 orang wanita baik ibu rumah tangga maupun kalangan pemuda dari 6 desa penyangga KEK Mandalika. Tutor untuk pelatihan tata rias ini adalah ahli kecantikan yang berasal dari La Tulipe Professional Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).Rangkaian pelatihan tata rias ini dimulai dengan diagnosa kulit kepada masing-masing peserta. Hal ini bertujuan agar masing-masing peserta dapat mengenali kulit sendiri sebelum melakukan perawatan kepada orang lain yang nantinya menjadi kliennya. Setelah itu barulah peserta diberikan materi mengenai perawatan intensif dalam teori dan praktek untuk facial wajah. Setelah peserta menguasai materi mengenai perawatan kulit wajah, barulah diberikan materi mengenai tata rias baik Make Up dasar dan Make Up tingkat lanjut (teori dan praktek) untuk diri sendiri dan orang lain. Jenis make up yang diajarkan juga dari jenis make up ringan yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari maupun jenis make up untuk pernikahan.Pasca pelatihan para peserta juga mendapatkan pendampingan sebanyak 3 kali dari para tutor dan diberikan tugas untuk mendapatkan konsumen selama masa pendampingan. Peserta juga diajarkan mengenai tata rias rambut untuk melengkapi materi tata rias wajah yang telah didapatkan. Hal ini untuk melihat sejauh mana perkembangan dan pemahaman dari para peserta mengenai materi yang telah diberikan.Setelah rangkaian kegiatan selesai, saat ini para peserta pelatihan tata rias sebagian besar sudah sering menerima permintaan untuk merias wajah baik untuk acara pernikahan maupun acara-acara formal di sekitar desanya. Beberapa dari peserta bahkan saat ini sudah ada yang membuka usaha salon di desa masing-masing. Hal inilah yang menjadi harapan ITDC kepada para peserta yaitu agar dapat meningkatkan pendapatan pasca pelatihan dilaksanakan. (pkbl/sagung)

08-01-2020 Read More

ITDC BANTU PENGHIJAUAN DI DESA BATUR UTARA KINTAMANI BANGLI

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan masyarakat di sekitar Desa Batur Utara Kintamani Bangli, Bali, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) ikut membantu masyarakat sekitar berupa kegiatan penghijauan dengan memberikan bibit tanaman yang sesuai kondisi wilayah di dekat kawasan Geopark Gunung Batur Bangli. Kegiatan ini bekerjasama dengan pemuda dari Banjar Gunung Sari, Desa Batur Utara, Kintamani Bangli, dengan harapan mereka aktif merawat dan menjaga kondisi lingkungan sekitarnya. Desa Batur Utara juga merupakan daerah hulu dari Bali yang mana selama ini digunakan sebagai pemasok air yang memberikan kehidupan untuk masyarakat sekitar Bangli bahkan hingga ke Gianyar, Denpasar dan Badung.Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan rasa kecintaan masyarakat utamanya generasi muda di Batur Utara dalam merawat dan menjaga lingkungannya agar tetap asri. Daerah yang kurang terurus padahal memiliki potensi sebagai daerah tujuan wisata juga dapat lebih diperhatikan. Oleh karena itu bagi sebagian besar tamu-tamu yang datang ke Bali khususnya bagi tamu yang menginap di daerah Badung termasuk di Kawasan Pariwisata The Nusa Dua, juga dapat melihat keindahan panorama Gunung Batur dan alamnya yang asri. Dengan demikian kontribusi perusahaan dapat terlihat nyata membantu lingkungan sekitar baik untuk keberlangsungan hidup maupun untuk kepentingan pariwisata dalam peningkatan perekonomian. (pkbl/sulasa)

30-12-2019 Read More

ITDC BERIKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENDORONG PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA PENYANGGA KEK MANDALIKA

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan dalam bidang Tata Rias Wajah & Rambut, Rajutan & Budidaya Jamur Tiram bagi masyarakat di desa penyangga KEK Pariwisata Mandalika. Rangkaian pelatihan ini dimulai pada tanggal 30 Desember 2019 di Kantor ITDC Mandalika. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan jiwa entrepreneurship untuk peningkatan usaha sehingga tercipta perluasan kerja. Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta agar dapat mengkaji dan mengembangkan kemampuan pribadi untuk persiapan, berpola pikir dan berprilaku sebagai wirausaha mandiri dan meningkatkan penghasilan tiap peserta. Program pelatihan ini bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Bisnis PPKP Mataram sebagai fasilitator pelatihan. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah fun games, diskusi kelompok dan juga presentasi hasil diskusi. Pada Pelatihan Kewirausahaan para peserta diberikan materi mengenai dasar kewirausahaan untuk mengubah mindset peserta agar bisa menjadi wirausaha mandiri. Hal-hal yang sangat ditekankan dalam pelatihan adalah mengenai Dinamika Kelompok, Pengenalan Karakter Pribadi, Kedisiplinan dan Pemasaran.Pelatihan ini merupakan awal dari pelatihan kewirausahaan lanjutan dalam masing-masing bidang seperti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram & Olahan, Pelatihan Handicraft Rajutan, dan Pelatihan Tata Rias. Masyarakat yang sudah mengikuti kegiatan pelatihan dasar kewirausahaan nantinya akan mengikuti pelatihan masing-masing bidang sesuai dengan minat. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh peserta pelatihan 3 bidang tersebut sejumlah 105 orang yang berasal dari 6 desa penyangga KEK Mandalika yaitu Desa Sengkol, Mertak, Kuta, Sukadana, Prabu, & Rembitan. Para peserta pelatihan terpilih melalui assesmen kemudian mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dan nantinya diakhiri dengan proses monitoring dan evaluasi. Seluruh proses pelatihan dilaksanakan kurang lebih selama 3 bulan. 

30-12-2019 Read More
WHAT’S NEW
KEJAR MOTOGP INDONESIA 2021, ITDC GANDENG PT PP DAN HIMBARA UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA Read More ITDC SIAP SAMBUT IMPLEMENTASI NEW NORMAL PARIWISATA Read More Dukung Penanganan COVID-19, ITDC Bersama CLub Med Indonesia Sumbang 21 Ribu Masker Untuk 11 RS Di Bali Dan NTB Read More Kembangkan Infrastruktur Dasar Kawasan, ITDC Bangun Akses Menuju Pantai Gerupuk Dan Tanjung Aan Read More LINDUNGI MASYARAKAT DARI PENYEBARAN COVID-19, ITDC GELAR DISINFEKTASI DI DESA PENYANGGA THE NUSA DUA Read More Hari Ini ‘Road To Now Playing Festival 2023’ Digelar Di Pulau Peninsula, The Nusa Dua Bali Read More ITDC Gerakkan Perekonomian Kawasan Melalui Konser Musik Read More Weezer Janjikan Pengalaman yang Luar Biasa di Bali Read More Andi Gilang Ramaikan Honda CBR Track Day di Sirkuit Mandalika Read More MGPA Fasilitasi Krida Toyota Test Drive Mobil Sport di Sirkuit Mandalika Read More Pelaksanaan WSBK 2022 di sirkuit Mandalika sukses, Gubernur NTB :Daerah kita tetap aman untuk event dunia Read More Saatnya Bangun Pariwisata Bali yang Tangguh dan Berkelanjutan Read More Transaksi Ekonomi di Lapak UMKM saat WSBK Mencapai Rp 1,7 Miliar Read More Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, ITDC Berikan Pelatihan Integrated Farming System Bagi Masyarakat Desa Penyangga The Mandalika Read More Bali Tambah Rumah Sakit Internasional di ITDC Nusa Dua Read More Kondisi Terbaru Aspal Sirkuit Mandalika: Racing Line Makin Terbentuk Usai WSBK 2022 dan Track Day Read More Poltekpar Lombok Wisuda Mahasiswa di Sirkuit Mandalika Read More WSBK Mandalika Capai Rp 1,7 M Transaksi Dari UMKM NTB Read More Transaksi UMKM Saat WSBK Mandalika Diperkirakan Capai Rp1,7 Miliar Read More Dukung Wisata Medis, Bunda Morula Luncurkan Fasiltas Medical and Fertility Wellness Centre di Bali Read More Wisata Gowes Sambil "Visual Storytelling" di Medsos Read More PHRI Gelar Bike Tour Dukung Peningkatan Wisatawan ke Mandalika Read More MGPA Gelar Mandalika Track Day Experience Bersama RC Garage, Jajal Aspal Baru Sirkuit Mandalika Read More Oktober 2022, OccupancyThe Nusa Dua Tetap di Atas 60% Read More Tak Hanya Dipakai MotoGP dan WSBK, Sirkuit Mandalika Jadi Tempat Wisuda Read More PHRI Bike Tour 2022 Seri Mandalika, Gowes Melintasi Spot Wisata di Lombok Read More Pariwisata Bergairah, Usai G20 Okupansi di The Nusa Dua Capai 70 Persen Read More Motor Sport 250 Cc, 600 Cc, dan 1.000 Cc Kembali Berkumpul di Sirkuit Mandalika, Bukan Untuk Balapan Read More Aspal Sirkuit Mandalika Awet Sampai 5 Tahun, WSBK 2023 Tinggal Gas Read More Sebanyak 300 Peserta Bike Tour 2022 Melintasi Sirkuit Mandalika Read More Foto: 120 Orang Ikut Kejuaraan Dunia Binaraga di Mandalika Read More The Nusa Dua Bali Sukses Jadi Tempat Akomodasi KTT G20 Read More Sandiaga Uno Puji Penyelenggaraan WSBK 2022 Mandalika, Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak Read More ITDC Sebut KTT G20 Sukses untuk Promosi Pariwisata dan Pemulihan Ekonomi Read More Kawasan The Nusa Dua Sukses Jadi Tuan Ruman Event B20 Read More Tim Zero Waste Tangani Puluhan Ton Sampah yang Dihasilkan WSBK Mandalika Read More B20 dan O20 Sukses Digelar di The Nusa Dua Bali Read More Di Tengah Keterbatasan, WSBK Mandalika 2022 Sukses Diselenggarakan Read More Kalahkan Inggris, WSBK Mandalika 2022 Read More Dampak KTT G20, Okupansi Hotel di Bali Melonjak Read More B20 dan 020 Sukses Digelar di The Nusa Dua Bali Read More Pecah Rekor, Penonton WSBK Lebih dari 51 Ribu Orang Read More WSBK Mandalika 2022 Sukses Digelar, Bukti Indonesia Siap Gelar Event Kelas Dunia Read More Atraksi Gendang Beleq Lombok Unjuk Gigi di Final WSBK Mandalika 2022 Read More Lampaui Target, Jumlah Penonton WSBK Indonesia 2022 di Mandalika Lewati Inggris Read More WSBK Pirelli Indonesian Round 2022 Sukses Digelar di Mandalika Read More Tiket WSBK Mandalika 2022 didominasi penonton dari NTB Read More 21 Pebalap WSBK 2022 Telah Ikuti Track Familiarisation, Kenali Karakter Lintasan Sirkuit Mandalika Read More Pembatasan Turis Saat KTT G20: Ganjil Genap hingga Gelang Khusus Read More Prediksi Cuaca di WSBK Mandalika 2022: Tak Ada Hujan Deras Read More WSBK Mandalika 2022 Banyak Disponsori Perusahaan BUMN Read More Tak Ada Komplain, FIM dan Dorna Puji Aspal Baru Sirkuit Mandalika Read More Dukung KTT G20, ITDC Gandeng Hyundai, Volta dan Zero dalam Penyediaan Kendaraan Listrik Read More Tiket Premium Grandstand A dan B WSBK Mandalika Ludes Terjual Read More Musim Balap 2023, IMI Targetkan Ada Marshal Lokal Berlisensi FIM Read More 7 Aturan Khusus Keluar Masuk The Nusa Dua Selama KTT G20, Tak Bisa Sembarangan Read More Dukung KTT G20, ITDC Tandatangani Kesepakatan Bersama Penggunaan Kendaraan Listrik Read More Gelaran KTT G20, Pakai Kendaraan Listrik sebagai Komitmen Net Zero Emission Read More Jelang G20, Gedung-gedung Command Center Nusa Dua Dipasangi Panel Surya Read More Jelang WSBK 2022, Ini Kesan Para Tester Soal Aspal Baru Sirkuit Mandalika Read More Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah Seri Kedua WSBK 2023 Read More The Nusa Dua Bali Siap Sambut Tamu dan Delegasi KTT G-20 Read More ITDC Gandeng SUN Energy Instalasi Proyek PLTS Jelang Hajatan KTT G20 Read More MGPA Pekerjakan 1.700 Volunteer untuk WSBK Mandalika 2022 Read More Jelang World Superbike di Mandalika, Penyelenggara Tes Aspal Baru di Lintasan Read More Siap Digelar di Bali, Ada NOAH Read More PENINJAUAN POSKO KEAMANAN TERPADU KTT G20 Read More The Nusa Dua Bali Siap Sambut Penyelenggaraan KTT G20 Read More Mulai 11 November, Sepeda Motor 'Dilarang' Masuk Kawasan Nusa Dua Read More The Adams hingga Weezer Panaskan Road to Now Playing Festival di Bali, Catat Jadwal Manggungnya Read More WSBK Siap Digelar, Ini Panduan Lengkap Masuk Sirkuit Berdasarkan Jenis Tiket Read More 8 Hotel di Nusa Dua Siap Sambut Tamu Negara, Karyawan Hotel Pakai ID Khusus Read More Lebih dari 800 Kamar Hotel Dipesan Jelang World Superbike 2022 Read More Karakter Baru Aspal Sirkuit Mandalika: Grip Makin Lengket, Balapan Tambah Seru Read More Catat dan Jangan Lupa! Ini Syarat Nonton WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika Read More 250 UMKM Lolos Kurasi Untuk WSBK Read More ITDC Siapkan Manajemen Trafik dan Crowd Control untuk WSBK 2022 Read More Musisi Papan Atas Akan Meriahkan “Road To Now Playing Festival 2023” di Peninsula Island Read More Sebanyak 20.000 Lembar Tiket WSBK Mandalika Terjual Read More PeduliLindungi Masih Berlaku selama World Superbike Read More Seluruh Stakeholder Pelaku Pariwisata Bali Read More Pengiriman Logistik WSBK Tuntas, Kedatangan Kru dan Pembalap Tunggu Jadwal Read More Seluruh Logistik WSBK Sudah di Mandalika Read More Belasan Ribu Lot Parkir Disiapkan untuk WSBK Mandalika Read More 176 Ton Logistik WSBK 2022 Tiba di Lombok, Pesawat Kargo Ketiga Telah Mendarat Read More Dishub-Organda NTB siapkan 30 unit bus gratis untuk penonton WSBK Read More Kawasan Nusa Dua Siap Jadi Lokasi KTT G20 Read More Follow the latest information from the COVID-19 Mitigation Task Force at http://covid19.go.id and help prevent the spread of COVID-19. Read More