MULAI 31 JULI 2020, THE NUSA DUA RESMI DIBUKA BAGI KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA

JAKARTA, 31 JULI 2020 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, secara resmi membuka kembali kawasan The Nusa Dua Bali bagi kunjungan wisatawan nusantara mulai hari ini, Jumat (31/7/2020).  Pembukaan kembali kawasan The Nusa Dua bagi wisatawan nusantara ini dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 sesuai dengan Panduan Pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kualitas standar pelaksanaan protokol kesehatan yang diterapkan di The Nusa Dua juga telah lulus uji verifikasi dan tersertifikasi dengan diperolehnya Sertifikat Sertifikasi Tatanan Kehidupan Era Baru untuk Kawasan Nusa Dua dari Pemprov Bali.Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, ”Hari ini, kami menyatakan bahwa The Nusa Dua, Bali, yang kami kelola secara resmi telah bisa menerima kunjungan wisatawan kembali. Dengan protokol kesehatan tersertifikasi dan dukungan penerapannya oleh semua pihak secara disiplin, kami optimistis dapat mewujudkan The Nusa Dua sebagai destinasi wisata yang clean, health, aman serta nyaman bagi wisatawan yang berkunjung di masa new normal. Kami berterima kasih atas kepercayaan Pemerintah yang telah memilih The Nusa Dua sebagai pilot project destinasi CHSE dan akan berupaya keras untuk memenuhi target dan harapan dari Pemerintah tersebut dalam mendukung Bali Bangkit menuju Indonesia Bangkit.”.Sertifikasi Tatanan Kehidupan Era Baru untuk Kawasan Nusa Dua tersebut diserahkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster kepada Dirut ITDC pada seremoni Deklarasi Program Kepariwisataan dalam Tatanan Kehidupan Bali Era Baru dan Digitalisasi Pariwisata berbasis QRIS yang digelar di The Nusa Dua, Bali pada hari Kamis (30/7/2020).  Hadir pada kegiatan Deklarasi tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Gubernur Bali Wayan Koster serta Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali Trisno Nugroho, Pangdam IX/ Udayana Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara, serta Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.Sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan di Kawasan The Nusa Dua, pemeriksaan kesehatan dimulai dari pintu gerbang utama The Nusa Dua dengan melakukan pemeriksaan kendaraan dan pengunjung, pemeriksaan identitas diri dan reservasi tempat yang dituju yang merupakan salah satu syarat masuk ke Kawasan The Nusa Dua. ITDC akan memastikan wisatawan menggunakan masker selama beraktivitas dalam kawasan, selalu mencuci tangan dengan teratur dan melakukan physical distancing. Untuk memastikan pelaksanaan physical distancing, ITDC menerapkan crowd management dengan membatasi jumlah pengunjung  di suatu lokasi maksimal 25 orang, dan menerapkan Queue and Interaction Management dengan mengatur jarak antrian pengunjung sehingga dapat mencegah penumpukan pengunjung. ITDC juga menggunakan sistem cashless berupa penggunaan sistem QRIS untuk transaksi wisatawan di seluruh area The Nusa Dua sehingga mengurangi interaksi melalui sentuhan. Selain menggunakan QRIS, pengunjung dapat menggunakan debit dan kartu kredit semua Bank, E – Wallet, E – Money semua bank, dan Online Channel untuk bertransaksi.Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita menambahkan, “Mengenai kebersihan lingkungan, wisatawan yang berkunjung pun tak perlu khawatir. Sebagai pengelola kawasan, kami telah menambah fasilitas penunjang pelaksanaan protokol kesehatan berupa tempat cuci tangan sebanyak 5 lokasi, signage physical distancing sebanyak 14 titik dan toilet. Untuk memastikan tingkat hygene kawasan, kegiatan penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara rutin dan terjadwal sebanyak 2 kali sehari.”.Sementara itu, guna menarik pengunjung atau wisatawan, sejumlah tenant The Nusa Dua menawarkan berbagai program promosi menarik antara lain, Bali Nusa Dua Hotel menawarkan paket menginap dua malam dan free breakfast senilai Rp.1.050.000/nett dengan periode booking hingga 31 Agustus untuk periode menginap hingga 30 April 2021, Grand Whiz Hotel Nusa Dua menawarkan paket promo menginap mulai harga Rp400 ribu per malam/nett (room only) dengan minimum menginap 2 malam yang berlaku untuk periode menginap hingga Maret 2021. Sementara Sogo Bali Collection menggelar sale dengan diskon hingga 70% dan resto masakan Jepang Kagu Ra menawarkan paket Sushi All You Can Eat (free soft drink) dengan harga Rp150 ribu/pax yang berlaku tiap jam 13.00 hingga 18.00 WITA.The Nusa Dua dengan konsep one stop destination, memiliki beragam pilihan beraktivitas dan kelengkapan fasilitas sehingga wisatawan dapat menikmati liburan dalam kawasan seluas 350 ha ini, tanpa perlu keluar dari kawasan. Bagi wisatawan yang berkunjung ke The Nusa Dua, mereka dapat menikmati keindahan pantai yang membentang sepanjang 4 km, lalu menikmati suguhan budaya tari kecak di Pulau Peninsula. Bagi pecinta olahraga, wisatawan dapat melakukan sejumlah aktivitas antara lain melakukan yoga di Pulau Nusa Dharma, bermain golf di lapangan golf 18 holes berkelas internasional, bersepeda, surfing, berlari. Wisatawan juga dapat melakukan green activity berupa penanaman karang, mengunjungi penangkaran penyu serta melakukan pelepasan tukik penyu ke laut. “Keunggulan konsep one stop destination, penerapan protokol kesehatan yang ketat serta program promo oleh sejumlah tenant di kawasan The Nusa Dua akan kami promosikan secara gencar melalui berbagai platform sehingga mampu menumbuhkan kepercayaan dan kenyamanan bagi wisatawan untuk mulai berkunjung ke kawasan kami. Dan kami berharap upaya kami ini dapat mendorong bisnis pariwisata The Nusa Dua dan Bali dapat mulai bangkit kembali,” tutup I Gusti Ngurah Ardita.

31-Jul-2020 Read More

ITDC SALURKAN 26 HEWAN KURBAN UNTUK MASYARAKAT

THE MANDALIKA, 29 JULI 2020 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, menyalurkan 26 ekor hewan kurban untuk masyarakat NTB dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.  Penyerahan hewan kurban yang terdiri dari 23 ekor kambing dan 3 ekor sapi tersebut dilakukan hari ini oleh perwakilan ITDC kepada masyarakat, melalui Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, dan pemerintah enam desa penyangga The Mandalika, bertempat di kantor masing-masing instansi pemerintahan. Enam Desa Penyangga yang menerima bantuan tersebut antara lain Desa Kuta, Desa Sengkol, Desa Rembitan, Desa Sukadana, Desa Mertak, dan Desa Prabu.Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka mengatakan bahwa bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha dan menumbuhkan rasa empati terhadap sesama. “Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian ITDC dalam memupuk rasa solidaritas terhadap  masyarakat yang membutuhkan. Apalagi hari raya ini identik dengan hewan kurban yang belum tentu dapat dinikmati oleh masyarakat terutama di tingkat pra-sejahtera yang paling terdampak dengan adanya situasi Covid-19.”.Karioka menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya ITDC dalam penerapan nilai organisasi Kementerian BUMN yang baru. “Kegiatan ini juga merupakan salah satu perwujudan kehadiran ITDC untuk Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai organisasi Kementerian BUMN, yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK). Nilai ini menjadi landasan untuk menjalankan mandat sebagai BUMN yang peduli dan bersinergi bersama pemerintah daerah dan masyarakat melalui penyaluran bantuan hewan kurban bagi mereka yang membutuhkan menyambut Hari Raya Idul Adha.”.Sebelumnya, pada 17 Juli 2020 ITDC telah memberikan bantuan 21 paket sembako kepada para pekerja operasional sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Pengengat, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Selain itu ITDC juga telah menyalurkan bantuan berupa 4 bak cuci tangan, 130 lembar masker kain, 6 unit himbauan berupa spanduk Protokol Kesehatan bagi Desa Kuta dalam rangka mendukung Kampung Sehat di Desa Kuta.ITDC berharap rangkaian bantuan berupa hewan kurban, sembako, dan bantuan pendukung dalam menjaga kesehatan tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan di NTB. “Melalui penyaluran bantuan ini kami berharap dapat membantu masyarakat yang membutuhkan agar bisa merasakan kenikmatan yang sama dengan yang lainnya saat Idul Adha berlangsung. Serta dapat menjadi salah satu bagian dalam membangun perubahan perilaku memasuki masa tatanan baru untuk mewujudkan masyarakat produktif yang terlindung dari penyebaran Covid-19,” tutup Karioka.

29-Jul-2020 Read More

ITDC Raih Dua Penghargaan Sekaligus pada TOP CSR Award 2020

Jakarta 29 Juli 2020 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, meraih dua penghargaan sekaligus pada ajang TOP CSR Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business, bekerjasama dengan beberapa Asosiasi dan Konsultan CSR. Kedua penghargaan tersebut adalah TOP CSR Award 2020 Bintang 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2020 yang dianugerahkan kepada Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, yang diserahkan dalam bentuk piala oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong pada acara TOP CSR Awards 2020, Rabu, 29 Juli 2020, di Hotel Sultan, Jakarta.Penghargaan TOP CSR Awards 2020 diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil menjalankan program CSR/PKBL/Community Development yang efektif dan berkualitas. Kriteria utama penilaian dalam Top CSR Awards mengacu pada 3 hal: Pertama, Tingkat adopsi CSR Perusahaan terhadap ISO 26000 Social Responsibility; Kedua, Keselarasan Program CSR Strategi Bisnis perusahaan, dan Ketiga, Bagaimana prinsip-prinsip GCG melandasi pelaksanaan program-program CSR perusahaan. Oleh karenanya, dalam kegiatan TOP CSR Awards 2020 ini, kategori penghargaan diklasifikasikan dalam bentuk level bintang/star, yakni Bintang 1 (Terendah) – Bintang 5 (Tertinggi).Tahun ini kegiatan diikuti oleh 120 perusahaan finalis (dari 200 perusahaan), yang meningkat dari tahun sebelumnya (72 Finalis dari 150 perusahaan).Sebagai sebuah kegiatan tahunan, TOP CSR Awards juga diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran bersama bagi para peserta, untuk meningkatkan kualitas program CSR dalam mendukung bisnis yang berkelanjutan. Dalam wawancanra penjurian, Dewan Juri memberikan masukan dan saran-saran perbaikan kepada para peserta, untuk peningkatan kualitas CSR perusahaan ke depan.

29-Jul-2020 Read More

ITDC JADI TUAN RUMAH MANDALIKA REBOUND

Sambut New Normal Bersama Kemenparekraf dan Pemerintah DaerahTHE MANDALIKA, 16 JULI 2020 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok, NTB, hari ini menjadi tuan rumah Mandalika Rebound bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Acara yang bertujuan untuk membangkitkan semangat kepariwisataan sebagai salah satu bentuk awal implementasi tatanan baru dalam rangka menerima pengunjung ini, berlangsung di tiga lokasi di dalam kawasan pariwisata The Mandalika, yakni Pantai Kuta Mandalika, Tanjung Aan, dan Gerupuk.Mandalika Rebound ditandai dengan dilangsungkannya rangkaian kegiatan yang sama di tiga lokasi tersebut antara lain bersih pantai, membagikan tempat cuci tangan (wastafel), membagikan tempat sampah, pemasangan signage, dan pengukuran suhu dengan menggunakan Thermo Gun, yang menjadi simbol dari praktek-praktek protokol Cleanliness, Healthy, and Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) yang merupakan tatanan baru destinasi pariwisata dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.  Acara Mandalika Rebound dibuka dan dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari M.H.  yang didampingi Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf Dr. Wawan Gunawan S. Sn. MM, Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh. Fauzal serta Kepala Dinas Pariwisata Lombok Tengah H. Nasrun, serta diterima oleh Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka.Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka mengatakan, “Kami mengapresiasi kegiatan Mandalika Rebound hari ini, yang merupakan bentuk nyata dukungan Kemenparekraf RI dalam menggalang kembali kepercayaan masyarakat terhadap destinasi pariwisata di Lombok, khususnya di area KEK Mandalika dan sekitarnya, mengadaptasi New Normal.   Wisatawan sudah dapat berkunjung kembali ke The Mandalika, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan, yakni dengan pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki area kawasan, menggunakan masker, menerapkan physical distancing, dan protokol kesehatan lainnya, sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) yang telah kami susun sebagai pengelola kawasan.”.Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari M.H menyatakan, “Mandalika bukan hanya termasuk ke dalam sepuluh Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP), tapi juga lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).  Menjadi prioritas bagi Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah dalam membantu destinasi pariwisata yang indah ini memasuki New Normal.  Maka, hendaklah kita mengumandangkan bahwa kita (Lombok) menjalankan protokol tatanan baru dengan benar.” Hari juga menambahkan bahwa Kawasan The Mandalika bisa menjadi salah satu lokasi percontohan sebagai destinasi yang telah menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan. “Saya melihat bahwa kawasan ini sudah siap dan bisa menjadi percontohan untuk daerah yang lain. Ada tim SAR dan fasilitas umum seperti toilet yang sudah memenuhi syarat standar destinasi wisata. Bisa ditiru atau dicontek oleh destinasi lain,” papar Hari.Sebagai pengelola kawasan, ITDC juga telah menambah intensitas sosialisasi protokol kesehatan dengan memasang spanduk peringatan di 12 titik strategis di The Mandalika menggunakan dua bahasa yakni Bahasa Inggris dan Indonesia agar mudah dipahami pengunjung dan masyarakat.  Selain itu ITDC juga telah bekerjasama dengan BUMN lainnya yakni BNI, BRI, dan Telkom Indonesia dalam menyediakan masker kain bagi para pedagang di area Kuta Beach Park, Pantai Batu Kotak, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, dan Pantai Seger, The Mandalika.ITDC berharap dengan adanya Mandalika Rebound, pembagian masker, dan pemasangan peringatan protokol kesehatan menjadi gerakan antisipatif Covid-19 yang bisa disadari dan diterapkan oleh para pengunjung dan masyarakat di The Mandalika memasuki new normal pariwisata.  “Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Kementerian/Lembaga dan BUMN lain terhadap kesiapan The Mandalika memasuki implementasi tatanan baru pariwisata.  Semoga dibukanya kembali kawasan ini bagi kunjungan wisatawan, dapat membangkitkan kembali semangat kepariwisataan dan memberikan manfaat bagi seluruh stakeholder yang ada di area The Mandalika dan sekitarnya.” tutup Karioka.

16-Jul-2020 Read More

KEJAR MOTOGP INDONESIA 2021, ITDC GANDENG PT PP DAN HIMBARA UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA

JAKARTA, 15 JULI 2020 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) , BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, NTB, fokus untuk menyelesaikan pembangunan Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika) guna menyambut penyelenggaraan MotoGP Indonesia yang direncanakan berlangsung pada akhir tahun 2021. Guna mempercepat penyelesaian pembangunan, pada hari ini, ITDC menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT PP (Persero) Tbk/PT PP senilai Rp900 miliar.  ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota HIMBARA yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit. Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dengan disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, bertempat di Gedung Mandiri Club, Jakarta, Rabu (15/7/2020). PKS ini efektif berlaku mulai tanggal 15 Juli 2020.  Sementara Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan ditandatangani oleh Farida Thamrin dan Teddy Y. Danas mewakili Bank Mandiri, Litasari Wahju W dan Rommel TP Sitompul mewakili BNI, S. Hernowo dan Hari Setiawan mewakili BRI, dan Sindhu Rahadian Ardita mewakili BTN.Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, “Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia, sehingga kami akan memastikan pembangunan sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standar internasional. Kerjasama antara ITDC, PP dan Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah event MotoGP 2021. Sirkuit Mandalika memiliki keunikan karena akan menyusuri pinggir pantai yang indah, sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk mendorong industri pariwisata Indonesia.”.Melalui kolaborasi antar BUMN ini akan dilakukan pembangunan yang menggunakan skema Pre-Financed Project dalam rangka pengembangan kawasan Sirkuit Mandalika di lahan seluas 52,5 hektar di dalam kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas The Mandalika, NTB. Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 Km merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun mulai dari tahap konsep serta menawarkan pemandangan indah ke bukit-bukit dan pantai yang menjadi kekayaan alami kawasan pariwisata di selatan Pulau Lombok ini. Sirkuit ini akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang menyelenggarakan perhelatan balap motor MotoGP.“Kami optimistis kerjasama ITDC dengan PT PP akan mendukung percepatan pembangunan proyek nasional Mandalika Street Circuit yang akan digunakan untuk menggelar event dunia MotoGP Indonesia mulai tahun 2021. Dengan menggandeng PT PP yang merupakan BUMN jasa konstruksi terintegrasi dengan keahlian dan pengalaman dalam bidang konstruksi, properti, Engineering Procurement Construction (EPC), dan investasi ini, kami yakin akan menghasilkan sebuah sirkuit jalan raya berkualitas Internasional dan sesuai standar yang ditentukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) serta dapat selesai sesuai jadwal,” papar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.Saat ini progres atas pekerjaan-pekerjaan awal, termasuk pekerjaan persiapan dan pekerjaan ground work, proyek pembangunan sirkuit Mandalika telah mencapai 40% dan proses pengaspalan dijadwalkan akan mulai dilakukan pada Januari 2021. Secara keseluruhan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan akan selesai pertengahan 2021. Dengan perjanjian ini, PT PP akan melanjutkan pembangunan Sirkuit Mandalika yang sudah berlangsung sampai tahap Final Project Hand Over. ITDC telah menunjuk MGPA sebagai anak usaha ITDC yang menangani persiapan serta penyelenggaraan MotoGP dan seri balap lainnya di Sirkuit Mandalika.“Penyelengaraan event MotoGP  diyakini akan mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun serta memberikan positioning yang kuat bagi Indonesia sebagai negara tujuan hiburan olahraga unggulan di kawasan Asia, sehingga kami optimistis event ini akan menjadi penggerak kebangkitan pariwisata Indonesia paska Pandemi. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemerintah baik Pusat dan Daerah, Kementerian BUMN, PT PP dan Bank anggota HIMBARA, sehingga pembangunan Sirkuit Mandalika dan persiapan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021 dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal,” tutup Abdulbar.Seperti diketahui, Pemerintah memberikan dukungan melalui Kementerian dan BUMN, antara lain pembangunan akses jalan langsung/bypass sepanjang 17,39 KM dengan Right of Way (ROW) jalan selebar 50 meter dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke The Mandalika oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), penambahan panjang lintasan runway upgrade kargo dan aksesibilitas, ekspansi apron dan pelebaran taxiway  serta kegiatan promosi di Bandara Internasional Lombok yang dilakukan oleh Angkasa Pura I, pengembangan fasilitas kargo dan cruise oleh Pelindo III dan ASDP, penambahan kapasitas listrik di kawasan oleh PLN, serta pembukaan rute baru bus yang melayani sejumlah wilayah di Lombok menuju The Mandalika oleh DAMRI.

15-Jul-2020 Read More

ITDC SIAP SAMBUT IMPLEMENTASI NEW NORMAL PARIWISATA

Kawasan The Nusa Dua menjadi pilot project destinasi pariwisata Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability JAKARTA, 09 JULI 2020 – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, siap menyambut implementasi new normal (tatanan baru) pariwisata yang akan ditandai dengan kembalinya kunjungan wisatawan ke kawasan pariwisata yang dikelolanya, baik The Nusa Dua Bali maupun The Mandalika Lombok.   ITDC telah menyiapkan langkah-langkah mitigasi dan SOP penanganan wisatawan serta fasilitas pendukung pencegahan penyebaran COVID-19 baik di dalam kawasan The Nusa Dua maupun The Mandalika berdasarkan acuan penanganan COVID-19 yang dikeluarkan badan kesehatan dunia WHO dan protokol Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) yang disusun oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) sebagai tatanan baru di destinasi pariwisata. Khusus The Nusa Dua telah disiapkan sebagai pilot project destinasi CHSE bagi pariwisata Bali dan nasional. Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan, ”Sebagai BUMN, ITDC mendukung langkah Pemerintah dalam menyiapkan pariwisata di masa The New Normal, khususnya melalui penyiapan destinasi pariwisata yang menerapkan protokol CHSE bagi keamanan dan kenyamanan wisatawan.  Kami siap untuk membuka kembali kawasan pariwisata yang kami kelola bagi kunjungan wisatawan, dengan telah selesainya penyusunan langkah-langkah mitigasi, SOP dan protokol kesehatan, dan penyediaan fasilitas pendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam kawasan. ”. Protokol kesehatan yang diterapkan di Kawasan The Nusa Dua dimulai dari pintu gerbang utama The Nusa Dua dengan melakukan pemeriksaan kendaraan dan kesehatan pengunjung, pemeriksaan identitas diri dan reservasi tempat yang dituju yang merupakan salah satu syarat masuk ke Kawasan The Nusa Dua. ITDC akan memastikan wisatawan menggunakan masker selama beraktivitas dalam kawasan, selalu mencuci tangan dengan teratur dan melakukan physical distancing. Untuk memastikan pelaksanaan physical distancing, ITDC menerapkan crowd management dengan membatasi jumlah pengunjung  di suatu lokasi maksimal 25 orang, dan menerapkan Queue and Interaction Management dengan mengatur jarak antrian pengunjung sehingga dapat mencegah penumpukan pengunjung. ITDC juga menggunakan sistem cashless untuk transaksi wisatawan di area Waterblow sehingga mengurangi interaksi melalui sentuhan. Layanan cashless ini dapat menggunakan  debit dan kartu kredit semua Bank, E – Wallet, E – Money semua bank, dan Online Channel. Sebagai pengelola kawasan, ITDC juga telah menambah fasilitas penunjang pelaksanaan protokol kesehatan berupa tempat cuci tangan sebanyak 5 lokasi, signage physical distancing sebanyak 14 titik dan toilet. Untuk memastikan tingkat hygiene kawasan, kegiatan penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara rutin dan terjadwal sebanyak 2 kali sehari. Seluruh langkah mitigasi dan protokol kesehatan yang diterapkan ITDC ini ditunjang dengan adanya RS BIMC Siloam yang beroperasi di dalam kawasan sehingga manajemen siap dalam menghadapi potensi risiko kesehatan yang ada.  Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita menerangkan, “The Nusa Dua merupakan salah satu contoh Kawasan Wisata yang clean and safe dan telah menerapkan mitigasi pencegahan penyebaran COVID-19 dengan memperhatikan SOP protokol kesehatan di setiap kegiatan yang dilakukan di masing-masing tenant hotel dan fasilitas maupun selama beraktivitas di dalam Kawasan The Nusa Dua. Dengan konsep one stop destination, The Nusa Dua memiliki pilihan beraktivitas yang lengkap bagi wisatawan sehingga wisatawan dapat menikmati liburan dalam kawasan dan tidak perlu keluar dari kawasan.” Di dalam kawasan, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai yang membentang sepanjang 4 km, lalu menikmati suguhan budaya tari kecak di Pulau Peninsula. Bagi pecinta olahraga, wisatawan dapat melakukan sejumlah aktivitas antara lain golf di lapangan golf 18 holes berkelas internasional, bersepeda, surfing, berlari atau melakukan yoga di Pulau Nusa Dharma. Wisatawan juga dapat melakukan green activity berupa penanaman karang, mengunjungi penangkaran penyu serta melakukan pelepasan tukik penyu ke laut.  Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dalam kawasan The Nusa Dua yang memiliki luas 350 ha dengan didukung dua Convention Center, tiga hotel bintang 3, 13 hotel bintang 5, tiga buah luxury villa serta kawasan kuliner Bali Collection, The Bay Bali, The Kenja. Sementara di The Mandalika, NTB, ITDC secara gencar mensosialisasikan protokol wajib mengenakan masker, menjaga jarak, cuci tangan, dan membawa peralatan pribadi di area The Mandalika melalui spanduk yang terpasang di beberapa titik di The Mandalika. Spanduk tersebut telah dibuat dalam dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris agar mudah dipahami baik oleh masyarakat maupun pengunjung kawasan.   Sebelumnya, melalui program Community Collaboration, ITDC  telah mensosialisasikan informasi gerakan pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun dan Masker Untuk Semua melalui spanduk, poster, dan flyer bersama komunitas-komunitas lokal di The Mandalika dan sekitarnya. Informasi tersebut telah dipasang pada area-area strategis di The Mandalika seperti tempat akomodasi, lapak pedagang, dan Kantor Desa  Penyangga serta dibagikan kepada masyarakat hingga pelosok desa. “Memasuki tahapan new normal pariwisata, Kawasan Pariwisata The Mandalika akan dibuka kembali untuk umum, maka penggunaan masker, melakukan physical distancing dan rutin melakukan cuci tangan selama di dalam kawasan The Mandalika menjadi sebuah kebutuhan yang mutlak untuk mencegah kemungkinan penularan COVID-19. Kami berharap langkah-langkah antisipatif yang kami lakukan dapat mendukung kesiapan The Mandalika dalam menyambut new normal sehingga pariwisata di NTB dapat kebali berjalan,” tutup Managing Director The Mandalika I Wayan Karioka. 

09-Jul-2020 Read More

Dukung Penanganan COVID-19, ITDC Bersama CLub Med Indonesia Sumbang 21 Ribu Masker Untuk 11 RS Di Bali Dan NTB

Jakarta, 10 Juni 2020 – Sebagai upaya mendukung penanganan COVID-19, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Club Med Indonesia memberikan bantuan alat medis berupa 21 ribu masker kesehatan, untuk 11  rumah sakit di Provinsi Bali dan NTB.  Bantuan medis yang terdiri dari 20.000 surgical mask (masker bedah) dan 1.000 masker N95 tersebut akan disebar di sejumlah RS yang menjadi RS rujukan dan penanganan Covid-19 di Bali dan NTByaitu:• Bali: RSUD Buleleng, RSUD Bangli, RSUD Karangasem• NTB: RSUD Prov. NTB, RSUD Dr.Soedjono Selong, RS H.L Manambai Abdulkadir Kab. Sumbawa Besar, RSU Bima, RS Kota Mataram, RS Kab. Lombok Tengah, RS Kab. Lombok Barat, dan RS Kab. Lombok UtaraPenyerahan bantuan masker dilakukan hari ini oleh perwakilan ITDC di Bali dan Lombok, masing-masing melalui Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk bantuan di Bali, dan secara simbolis kepada Wakil Gubernur NTB untuk bantuan di NTB. Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, “Sebagai sebuah BUMN, ITDC secara aktif membantu Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 melalui berbagai program bantuan, baik bantuan mandiri maupun berkolaborasi dengan pihak lain. Pemberian bantuan masker bedah dan masker N95 bekerjasama dengan Club Med Indonesia ini merupakan sumbangsih ITDC dalam mendukung upaya perlindungan diri para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Kita patut mendukung segala upaya dan kerja keras para pejuang kemanusiaan ini dalam melawan wabah Corona.”Vice President Regional Operation Club Med Philippe Hoffmann menambahkan, “Kami sangat bersyukur mendapat kesempatan berbagi dalam Misi Kemanusiaan yang mulia ini dan kepada Tim Medis yang telah berjasa, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengorbanan dan perjuangan kalian. Bersama kita bisa melalui masa sulit ini. Dan semoga badai cepat berlalu dan Industri pariwisata serta perekonomian kita segera pulih.” Selain memberikan bantuan masker ini, sebelumnya ITDC juga telah melakukan sejumlah kegiatan untuk membantu Pemerintah menekan penyebaran COVID-19 di kawasan pariwisata yang dikelolanya berikut area sekitar kawasan. Melalui Program ITDC Lawan Corona, ITDC telah melakukan penyemprotan disinfektan secara teratur baik di dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika maupun di sembilan desa penyangga di sekitar kawasan. ITDC juga membagikan bantuan kepada desa penyangga berupa peralatan dan bahan disinfektan serta sabun cair untuk dapat dikelola secara mandiri oleh masing-masing desa, bantuan masker kain untuk masyarakat, serta bantuan sembako dan santunan anak yatim piatu dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Di masing-masing kawasan pun ITDC menerapkan kebijakan physical distancing serta langkah-langkah lainnya sesuai protokol pencegahan COVID-19 yang dikeluarkan Pemerintah.Club Med Indonesia sendiri, selain berkolaborasi dengan ITDC dalam penyaluran bantuan 21.000 masker kesehatan ini, telah ikut membantu dalam mengurangi dampak Covid-19 bagi komunitas di daerah operasional mereka di Bintan melalui bantuan masker dan makanan bagi tenaga medis di Rumah Sakit setempat. 

10-Jun-2020 Read More

Kembangkan Infrastruktur Dasar Kawasan, ITDC Bangun Akses Menuju Pantai Gerupuk Dan Tanjung Aan

Jakarta, 15 Mei 2020 – Guna mewujudkan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali dan KEK Mandalika/The Mandalika, NTB, terus berprogres dalam membangun infrastruktur dasar di dalam kawasan The Mandalika, yang dikembangkan di area seluas 1.175 Ha dengan status lahan clean and clear.Salah satu progres pekerjaan yang terus berjalan adalah pembangunan infrastruktur jalan pada zona timur yang menghubungkan jalan provinsi dari area Sunggung menuju Pantai Gerupuk dan Tanjung Aan yang berada di sisi timur kawasan The Mandalika.Proyek yang termasuk ke dalam paket pembiayaan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA) ini, berupa pengaspalan 2 jalur jalan, lebar masing-masing 8 meter dengan Right of way (ROW) sebesar 90 meter untuk total jalan sepanjang 2 km. Saat ini tengah dilakukan pengaspalan pada satu sisi dan akan dilengkapi dengan bangunan pelengkap berupa pembatas jalan dengan kansteen, saluran terbuka (drainase swale) serta area landscape. Proyek dikerjakan dengan mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang dikeluarkan Pemerintah dan ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun 2020. Dalam jangka panjang, jalan akses ini akan dilengkapi penerangan jalan umum (PJU), Pedestrian, dan landscape. Ruas jalan utama pada ruas timur The Mandalika ini nantinya akan terhubung dengan jalan bypass Bandara International Lombok (BIL) menuju Mandalika sepanjang 17 Km yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, “Kami berkomitmen terus meningkatkan kualitas infrastruktur dasar dan konektivitas dalam kawasan The Mandalika sehingga dapat meningkatkan investasi sekaligus mendorong kunjungan wisatawan ke The Mandalika sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas pilihan Pemerintah. Peningkatan kualitas jalan akses ini akan mempermudah akses dari jalan provinsi ke arah Pantai Gerupuk yang merupakan daerah wisata surfing yang sangat digemari wisatawan/turis karena memiliki gelombang/ombak yang cukup unik serta Tanjung Aan.”Seperti diketahui, Pantai Gerupuk terletak kurang lebih 7 Km dari Pantai Kuta The Mandalika dan dapat diakses dengan menggunakan kendaraan baik motor maupun mobil. Pantai ini terkenal dengan pasir putih, air laut yang biru serta gelombang yang indah yang tingginya bisa mencapai 3 meter. Hal ini yang menjadikan Pantai Gerupuk sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di NTB. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pantai serta keindahan matahari terbenam dari bukit yang berada di sisi pantai.Di samping terus menyiapkan infrastruktur dasar dalam kawasan, ITDC juga tengah melakukan percepatan pembebasan lahan enclave dengan prioritas lahan yang terletak di dalam wilayah pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika). Saat ini, proses pembebasan lahan telah berjalan dengan baik. Setelah melalui dialog yang konstruktif, banyak warga yang menyatakan dukungannya dengan melepas lahan mereka sesuai nilai appraisal. Dari total 13,2 Ha lahan enclave, sebanyak 4,6 ha telah dibebaskan dan telah mulai dilakukan pembayaran. Sementara sisanya tengah dalam proses negoisasi.Guna mempercepat penyelesaian pembebasan lahan enclave, selain menawarkan ganti untung, ITDC juga telah membuat terobosan dengan menawarkan skema baru yaitu ruislag/tukar guling lahan bagi pemilik lahan enclave. ITDC optimistis skema baru yang ditawarkan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan proses pembebasan lahan dapat segera diselesaikan“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari masyarakat khususnya pemilik lahan enclave, Satuan Tugas Gabungan Percepatan Pembangunan The Mandalika dan Forkopimda Lombok Tengah atas lancarnya proses pembebasan lahan enclave ini. Dengan adanya dukungan ini, lahan yang masuk dalam lintasan Sirkuit hampir seluruhnya telah memperoleh persetujuan dari pemilik untuk dibebaskan, dan proses negosiasi untuk sisanya berjalan sangat positif,” ujar Abdulbar.Di luar lahan enclave tersebut, seluruh lahan di The Mandalika, yang merupakan aset negara, sudah bersertifikat HPL ITDC dan berstatus clear and clean. Namun, apabila masih terdapat klaim dari warga masyarakat dengan bukti berupa sporadik/surat keterangan tanah yang ternyata tumpang tindih dengan HPL ITDC, maka penyelesaian atas klaim tersebut harus diselesaikan melalui jalur gugatan di pengadilan, bukan dengan melakukan tindakan intimidatif yang kontra produktif. Hal ini karena bukti sporadik/surat keterangan tanah bukan merupakan bukti kepemilikan hak atas tanah sesuai Undang-undang Pokok Agraria.“Kami pastikan seluruh pembangunan di dalam kawasan The Mandalika dilaksanakan pada lahan yang sudah masuk dalam HPL ITDC dan berstatus clean and clear. Kami tidak akan membangun di lahan yang belum memiliki status hukum yang tetap. Oleh karena itu, kami optimistis bahwa pengembangan The Mandalika dapat terus berjalan sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian masyarakat NTB khususnya Lombok Tengah,” tutup Abdulbar.

15-Mei-2020 Read More

LINDUNGI MASYARAKAT DARI PENYEBARAN COVID-19, ITDC GELAR DISINFEKTASI DI DESA PENYANGGA THE NUSA DUA

THE NUSA DUA, 4 APRIL 2020 – Dalam upaya mendukung upaya pencegahan penyebaran COVID-19, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB, menggelar kegiatan disinfektasi atau penyemprotan disinfektan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di desa penyangga kawasan pariwisata The Nusa Dua hari ini.Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan bersinergi dengan kegiatan disinfektan serentak yang dilakukan oleh Kabupaten Badung pada wilayah Kelurahan Benoa. ITDC, melalui SBU The Nusa Dua,ikut berpartisipasi dengan menerjunkan satu armada Pemadam Kebakaran/Fire Brigade (FB) untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada jalan-jalan utama di tiga desa adat sekitar kawasan pariwisata The Nusa Dua, yaitu Desa Adat Bualu (terdiri dari 8 Banjar Adat dan 4 Banjar Dinas), Desa Adat Kampial (2 Banjar Adat) dan Desa Adat Peminge  (2 Banjar Adat). Kegiatan disinfektasi di desa penyangga ini merupakan bagian dari rangkaian Program ITDC Lawan Corona yang diselenggarakan oleh ITDC terkait upaya pencegahan penyebaran virus Corona atau COVID-19 dengan fokus wilayah operasional Perusahaan yaitu di The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok. “Program ITDC Lawan Coronamerupakan program Bina Lingkungan yang ditujukan kepada masyarakat, khususnya masyarakat desa penyangga kawasan pariwisata yang dikelola oleh ITDC. Melalui program ini, kami menunjukkan komitmen untuk melindungi masyarakat desa penyangga dari risiko penyebaran virus Corona, baik melalui sejumlah kegiatan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan perilaku sehat dan aktif, maupun kegiatan pembersihan lingkungan semacam penyemprotan disinfektan,” kata Miranti N. Rendranti, VP Corporate Secretary ITDC.Di The Nusa Dua, progam ITDC Lawan Corona diselenggarakan dengan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) seperti pemerintah daerah, kepolisian setempat, desa adat penyangga serta komunitas-komunitas di The Nusa Dua dan sekitarnya.  Pada hari ini, selain melakukan penyemprotan disinfektan, dilakukan pula  penyerahan bantuan secara simbolik berupa alat sprayer disinfektan kepada 16 Banjar di lingkungan Kelurahan Benoa. “Pandemi COVID-19 harus kita lawan bersama. ITDC akan terus bersinergi dengan seluruh pihak dan secara aktif melakukan langkah-langkah preventif pencegahan penyebaran COVID-19 di dalam kawasan maupun lingkungan desa penyangga The Nusa Dua. Kami sangat bersyukur hingga saat ini belum terdapat laporan adanya kasus COVID-19 baik di dalam kawasan maupun desa penyangga,” papar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.Sebelumnya penyemprotan disinfektan telah dilaksanakan di dalam kawasan The Nusa Dua pada 15 Maret 2020.  Selanjutnya pada 24 Maret 2020, SBU The Nusa Dua bersama Jro Bendesa Adat Bualu, BUPDA (Badge Utsaha Padruwen Desa Adat) Bualu serta Kepala Lingkungan Banjar Adat dan Banjar Dinas dalam lingkungan Desa Adat Bualu telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik keramaian di lingkungan Desa Adat Bualu diantaranya Kantor Balai Desa Adat Bualu, Kantor BUPDA Bualu, Kantor Pecalang Desa Adat Bualu, Pasar Bualu serta Pura Desa Adat Bualu (tempat ibadah). 

04-Apr-2020 Read More
WHAT’S NEW
KEJAR MOTOGP INDONESIA 2021, ITDC GANDENG PT PP DAN HIMBARA UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA Read More ITDC SIAP SAMBUT IMPLEMENTASI NEW NORMAL PARIWISATA Read More Dukung Penanganan COVID-19, ITDC Bersama CLub Med Indonesia Sumbang 21 Ribu Masker Untuk 11 RS Di Bali Dan NTB Read More Kembangkan Infrastruktur Dasar Kawasan, ITDC Bangun Akses Menuju Pantai Gerupuk Dan Tanjung Aan Read More LINDUNGI MASYARAKAT DARI PENYEBARAN COVID-19, ITDC GELAR DISINFEKTASI DI DESA PENYANGGA THE NUSA DUA Read More ITDC SALURKAN 26 HEWAN KURBAN UNTUK MASYARAKAT Read More Sirkuit MotoGP Indonesia di Mandalika Terus Dikebut Pembangunannya, Ini Updatenya Read More The Nusa Dua jalankan protokol kesehatan cegah COVID-19 Read More Resmi Dibuka, The Nusa Dua Kembali Bisa Dikunjungi Wisnus Read More Bali Buka Pariwisata Kembali, Begini Penerapan Protokol Kesehatan di Nusa Dua Read More Bali Terapkan QRIS, Sektor Pariwisata Diyakini Bangkit Read More ITDC menyalurkan 26 hewan kurban untuk masyarakat NTB Read More Uji Coba Lintasan MotoGP Mandalika April 2021 Read More Agustus Diaspal, Sirkuit MotoGP Mandalika Dijajal April 2021 Read More Polsek Kuta Turun Imbau Pengunjung Wisata KEK Mandalika Read More Pangdam Bersama Forkopimda NTB Sambut Kedatangan Lima Pimpinan Institusi Negara Read More ITDC Lakukan Kegiatan Bersepeda untuk Mengecek Kesiapan New Normal di The Nusa Dua Read More "Mandalika Rebound" diharapkan pulihkan pariwisata NTB Read More New Normal, tiga spot wisata di Mandalika Lombok mulai dibuka Read More Dukung Event MotoGP 2021, Pemda Loteng Gencar Lakukan Sosialisasi Read More Inisiasi New Normal lewat Mandalika Rebound sebagai Bentuk Dukungan Kemenparekraf Read More Travellers, Get Ready for The Mandalika Lombok Has Been Back on Business Read More ITDC Gelar Webinar dengan Lebih dari 80 Peserta Travel Agent dan Pelaku Usaha Pariwisata Read More ITDC Tuan Rumah Mandalika Rebound Read More DPR Setujui 7 BUMN Dapat Penyertaan Modal Negara Rp 23,65 T Read More ITDC fokus percepat konstruksi Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021 Read More KEJAR MOTOGP INDONESIA 2021, ITDC GANDENG PT PP DAN HIMBARA UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA Read More Mau Liburan Murah, Kunjungi Kuta Mandalika Promosfest Read More Minimalkan Kontak Dengan Pembeli, Pedagang Di Nusa Dua Akan Gunakan Cashless Read More Bali Masuki Normal Baru, Sertifikasi Protokol Kesehatan Disiapkan Read More Masukin Tatanan Era Baru, Bali Siapkan Sejumlah Event Read More Pengunjung Kawasan The Mandalika Wajib Pakai Masker Read More Kawasan The Mandalika Dilengkapi Unit SAR Read More Kawasan Nusa Dua Bali Dijadikan Pilot Project Wisata New Normal Read More ITDC membagikan 250 masker untuk pedagang asongan di Mandalika Read More Antisipasi Banjir di Sirkuit MotoGP Mandalika, ITDC Sistem Drainase Read More Antisipasi Banjir di Sirkuit MotoGP Mandalika, ITDC Sistem Drainase Read More Pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Mencapai 40 Persen Read More Sektor UMKM NTB dan Bali Dapat Dukungan Penuh dari ITDC Read More MotoGP 2021, Gubernur NTB Pastikan Pembangunan Sirkuit Mandalika Sesuai Rencana Read More Akses Masuk Dibatasi, Karyawan ITDC Harus Tunjukkan Ini Read More Paparan ITDC Manfaat PMN untuk Mandalika Read More Gelar MotoGP 2021, sirkuit Mandalika bakal serap 7.500 naker Read More ITDC Matangkan Prosedur Mitigasi Bencana di The Mandalika Read More Pengembangan Destinasi Super Prioritas Tetap Dilanjutkan Read More RECORD : Webinar Pariwisata dan Adaptasi Tatanan Baru by Genpi Indonesia (19/6/2020) Read More DPRD Bali Tinjau Kawasan ITDC, Pastikan Kesiapan Terapkan CHS Read More Tourism Ministry Holds Bali Covid-19 Safety Update Webinar Read More Sambut MotoGP Mandalika, BIL Tambah Daya Tampung Jadi 7 Juta Penumpang per Tahun Read More New Normal, ITDC dan DPD Putri Bali Ikuti Arahan Pemerintah Read More Kementerian PUPR akan salurkan Rp2,7 triliun untuk lima KSPN pada 2021 Read More Turis Asing Sudah Tak Sabar Nonton MotoGP di Mandalika Read More Kedisiplinan dan Kesiapan Daerah Kunci Pembukaan Destinasi di Masa Pandemi Covid-19 Read More MENPAREKRAF TINJAU KESIAPAN NUSA DUA Read More Survei Sebut Bali Masih Destinasi Favorit, Era Baru Harus Dipersiapkan Read More Wishnutama Cek Kesiapan Bali Sambut New Normal Pariwisata Read More Wabup Suiasa Paparkan Langkah Badung Sambut Budaya Hidup Baru Read More Menparekraf Pantau Kesiapan ITDC Sambut New Normal Read More Persiapan Membuka Kembali Sektor Pariwisata, Menpar Cek Kesiapan Bali, Berikut yang Jadi Prioritas Read More Kawasan Rinjani Hingga KEK Mandalika akan Dibuka Read More Satgas BUMN ITDC Sumbang Masker untuk RSUD Tanjung Read More Pembangunan Sirkuit Mandalika Sesuai Jadwal, Siap Gelar MotoGP 2021? Read More Bangun CSC, KKP Berharap Bali Bisa Punya Coral Park Read More Lampung Matangkan Pengembangan Pariwisata Terintegrasi Read More Intip Persiapan Bali Jadi Pilot Project Pembukaan Pariwisata saat New Normal Read More Perangkat Info Gempa Generasi Terbaru Akan Dipasang di Kantor Bupati Lombok Tengah dan di KEK The Mandalika Read More ITDC dan Club Med Indonesia Sumbang 21.000 Masker di Bali dan NTB Read More Akhir Tahun, Nusa Dua Bali Disiapkan untuk Wisata MICE Read More Mandalika Dog Shelter, Rumah bagi Anjing yang Terbuang Read More Siapkan Akomodasi MotoGP 2021, Pusat akan Bangun Rusun dan Rusus di KEK Mandalika Read More Kehadiran Bukit Pink Bikin Sirkuit Mandalika Makin Ciamik Read More Nusa Dua siap jadi percontohan wisata Normal Baru Read More Kamar Hotel di Nusa Dua Sudah Dibooking Hingga Desember Read More Bali Jadi yang Pertama untuk New Normal Pariwisata Read More ITDC Siap Jalankan The New Normal Read More Menteri PUPR: Lima Destinasi Wisata Super Tetap Prioritas Pemerintah Read More Gubernur NTB Tegaskan Pembangunan KEK Mandalika Terus Berjalan Read More ITDC menggenjot pembangunan sarana dan prasarana di Mandalika Read More ITDC Gunakan Suntikan PMN Rp 500 Miliar untuk Pembangunan KEK Mandalika Read More Dukung MotoGP Mandalika 2021, Pelindo III Lanjutkan Proyek Terminal Gilimas Read More Pandemi Virus Corona Tak Surutkan Pengerjaan Sirkuit Mandalika MotoGP Read More ITDC appointed as SOE coordinator of national disaster task force in NTB Read More Follow the latest information from the COVID-19 Mitigation Task Force at http://covid19.go.id and help prevent the spread of COVID-19. Read More PROMOSI WISATA MEDIA FILM Read More Jelang MotoGP Mandalika, Konstruksi Hotel Pullman Segera Dilanjutkan Read More Penguatan Peran Manajemen Risiko Read More Penyelenggara bakal datangkan Valentino Rossi di GP Mandalika 2021 Read More Kemenparekraf Ready to Succeed 2021 MotoGP Mandalika as a World Class Event Read More Calendar of Events Lombok Sumbawa 2020, MotoGP 2021 Becomes the Main Theme Read More