PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku BUMN pengembang dan pengelola Kawasan Pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok - NTB terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan layanan pada akses, amenitas dan atraksi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya ke Kawasan The Nusa Dua. Sejak tahun 2013 hingga saat sekarang kunjungan wisatawan dari Cina mencapai 40% dari total wisatawan manca negara yang hadir di The Nusa Dua.
Bentuk tindaklanjut dari komitmen dan pembinaan kepada masyarakat desa penyangga Kawasan The Nusa Dua khususnya kepada Paguyuban di Nusa Dua, ITDC memberikan pelatihan Bahasa Mandarin yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Chinese Tourism Training Centre (CTTC) Fakultas Pariwisata Universitas Udayana. Pelatihan Bahasa Mandarin Tersebut dilakukan selama 3 bulan, dengan melibatkan puluhan pedagang pantai dan profesi jasa lainnya yang mewakili 8 Kelompok Paguyuban The Nusa Dua. Acara pelatihan bahasa mandarin tersebut dibuka langsung oleh I Gusti Ngurah Ardita selaku Managing Director The Nusa Dua mewakili Direksi ITDC.
Harapan ITDC memberikan pelatihan ini kepada paguyuban The Nusa Dua adalah mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia para paguyuban tersebut agar dapat selalu mengikuti kemajuan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan usahanya. Dengan demikian mereka siap bersaing menghadapi persaingan usaha dan meningkatkan pendapatannya karena dengan bekal menguasai Bahasa Mandirin mereka dapat beriteraksi dan bertransaksi langsung dengan wisatawan dari Cina. Serta kualitas pelayanan kawasan pariwisata The Nusa Dua sebagai kawasan kelas dunia akan ikut terangkat dan sebagai salah satu media promosi yang baik. (pkbl/ sulasa)