Nomor : 24/PR-ITDC/VII/2019
Praya, 17 Juli 2019 - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola KEK Pariwisata Mandalika atau The Mandalika, menyelenggarakan pelaksanaan Pelatihan Akuntansi Sederhana UKM dan Aplikasi Berbasis Android Bagi UMKM Mitra Bazaar Mandalika Tahun 2019, untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas para pelaku usaha di Bazaar Mandalika dalam mengatur keuangan. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 15-17 Juli 2019 di Hotel Illira Lite, Praya, bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB dan Universitas Mataram.
Peserta pelatihan mencapai 33 orang yang merupakan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau pada bidang kuliner yang sudah terkontrak dengan ITDC di Bazaar Mandalika. Materi yang diperoleh peserta selama tiga hari antara lain mencakup Dinamika Kelompok, Pengantar Akuntansi Sederhana, Persamaan Akuntansi Sederhana, praktek penyusunan Laporan Keuangan, Instal Aplikasi Akuntansi UKM untuk Android, Pengantar Aplikasi Akuntasni UKM dan Praktek Aplikasi Akuntansi UKM.
Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti meyampaikan pelatihan ini diadakan agar para peserta dapat mengetahui dan paham cara membuat laporan keuangan sederhana untuk usaha mereka. “Kami harapkan setelah para peserta paham dengan materi pelatihan, mereka mampu membuat laporan keuangan sederhana baik dalam bentuk konvensional maupun berbasis aplikasi android,” katanya.
ITDC juga berharap melalui pelatihan ini, peserta pelatihan dapat menjadi agen perubahan untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada pedagang UMKM sekitar yang belum pernah mengikuti pelatihan serta mengaplikasikan materi yang diterima di kehidupan sehari – harinya. “Dengan begitu, ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan SDM pengelola UMKM khususnya dalam bidang pengelola keuangan, sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik serta mendapatkan manfaat ekonomi atas penerapan cara manajemen keuangan yang telah diberikan” tutup Miranti.